Pijat Pasca Melahirkan Atau Nifas

Selama Mengandung sembilan bulan tubuh ibu mengalami perubahan yang luar biasa. terutama pada perut, Setelah kelahiran si kecil, tubuh ibu akan mengalami proses pemulihan seperti kembalinya ukuran rahim, keluarnya cairan dari vagina serta kelelahan setelah menjalani proses persalinan. Beberapa Ibu mungkin juga mengalami stres dan emosi yang labil berkenaan dengan perubahan hormon yang terjadi setelah melahirkan.

Pijat setelah melahirkan dapat memberikan beberapa manfaat dan efektif membantu pemulihan Ibu dalam masa nifas, seperti meredakan beberapa titik kelelahan pada tubuh, melepaskan tegangan pada otot, memperbaiki peredaran darah, dan meningkatkan pergerakan sendi serta peremajaan tubuh.

Ada sebagian Ibu mulai dipijat segera setelah pulang dari rumah sakit. Namun bagi Ibu yang menjalani operasi sesar, sebaiknya tunggu hingga luka operasi sembuh.

Manfaat pijat pasca melahirkan di JEMPOL HOMEspa:

   1. Mengencangkan Otot Perut, Panggul dan Punggung.

Proses melahirkan dapat meregangkan tubuh ibu, terutama bagian perut, punggung, dan panggul. dengan pijatan lembut, dapat mengencangkan otot yang kendur,Gerakan meremas, mengusap, dan tekanan saat pijat dapat membantu pengencangan bagian perut dan membantu pemulihan tubuh.

   2. Meredakan Rasa Nyeri.

Pijat, Selain meredakan rasa nyaman juga bisa meredakan beberapa titik nyeri dan melepaskan tegangan pada otot, pijat juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke dalam otot dan dapat meredakan nyeri atau pegal-pegal pada tubuh, karena pemijatan pada tubuh membantu pelepasan hormon endorfin di otak yang merupakan pereda nyeri alami.

   3. Memperlancar Produksi ASI.

Membantu melepaskan hormon oksitosin yang merangsang pengeluaran ASI dan memudahkan proses menyusui. Pijatan pada payudara akan membantu membuka saluran kelenjar susu yang tersumbat, sehingga mengurangi risiko radang kelenjar pada payudara (mastitis).

  4. Meregenerasi Jaringan Tubuh

Mempercepat pemulihan operasi sesar, karena karena pemijatan dapat meningkatkan sirkulasi dan merangsang proses penyembuhan organ dalam.

  5. Menyamarkan Stretch Marks.

Bila pijat menggunakan minyak berbahan dasar almond dapat membantu menyamarkan stretch marks.

  6. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Pijat tubuh dapat meningkatkan menjaga daya tubuh, sebab pemijatan dapat melancarkan peredaran darah sehingga asupan oxigen tubuh dapat terpenuhi.

  7. Meningkatkan Aliran limfatik / Lymphatic

Pijat tubuh dapat meningkatkan aliran limfatik.

Fungsi utama dari sistem limfatik adalah untuk mengangkut getah bening, cairan bening tak berwarna yang mengandung materi sel-sel darah putih berperan dalam membersihkan tubuh dari racun, limbah metabolisme serta materi polutan. Kata ‘Lymphatic’ sendiri berasal dari kata bahasa Latin yaitu lymphaticus, yang artinya “berhubungan dengan air,” dalam hal ini yang dimaksud adalah getah bening.

Sistem limfatik, merupakan bagian dari sistem peredaran darah, yang memiliki sejumlah fungsi, termasuk pemindahan cairan interstitial (cairan dalam sel), cairan ekstraseluler (cairan di luar sel), yang menggenangi sebagian jaringan. Sistem ini juga bertindak sebagai jalan utama, transportasi sel darah putih dari dan ke kelenjar getah bening menuju ke dalam tulang, dan sel-sel antigen-terpapar ke kelenjar getah bening.
Sistem limfatik merupakan jaringan dan organ yang terdiri dari :
• Pembuluh getah bening,
• Kelenjar getah bening dan
• Cairan bening.

 

  8. Membantu mengatasi stres setelah melahirkan.

Manfaat pijatan dan sentuhan untuk menghilangkan stres sudah banyak diteliti para ahli. Salah satunya studi yang dilakukan tim dari University of Miami yang mengikuti kesehatan 37 pasien kanker payudara yang mendapatkan terapi pijat atau relaksasi otot selama lima minggu. Para responden yang berada dalam kelompok terapi pijat mengatakan mereka merasa lebih berenergi, berkurang stresnya serta rasa amarahnya.

Sementara itu penelitian dari Universitas South Florida menemukan pasien-pasien tekanan darah tinggi yang mendapatkan pijatan selama 10 menit tiga kali dalam seminggu yang berlangsung tiga minggu memiliki tekanan darah lebih rendah 11 poin.

Kemampuan terapi pijat untuk mengusir stres berasal dari pengaruh biokimia tubuh yang berubah setelah mendapat sentuhan tangan. Dalam rangkaian studi yang dilakukan terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres ditemukan hormon stres mereka berkurang hingga 53 persen.

Selain mengurangi hormon stres, pijatan yang diberikan akan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, senyawa neurotransmiter yang membantu mengurangi depresi dan menciptakan rasa nyaman. Manfaat ini tidak hanya dirasakan orang dewasa tapi juga para bayi.

Apa yang harus Ibu waspadai pada pijat masa nifas?

Jika menjalani operasi sesar, sebaiknya Ibu menunggu satu hingga 2 minggu, atau setelah luka operasi sembuh, karena pijat dapat menyebabkan rasa nyeri. Walau pijat dapat membuat santai, namun instruksikan pada terapis agar tidak memijat daerah perut dan bekas jahitan operasi. Tekanan apapun pada daerah tersebut dapat menyebabkan masalah. Fokuskan pijatan pada kaki, kepala, tangan dan lengan serta punggung.

Agar produksi ASI lancar dan si Kecil mendapat dukungan nutrisi yang optimal, pijat bisa menjadi salah satu pilihan agar Ibu menjadi lebih santai saat menyusui dan merawat si Kecil.

Daftar Paket Dan Harga JEMPOL HOMEspa

Untuk reservasi hubungi segera :
Call/sms/whatsapp: 085733374911

Call/sms Only: 082117902293

PIN BBM D9B8359F

Bagikan